Close

Mengenal Kamera CCTV IP Camera : Macam-Macam dan Kelebihan IP Camera

Sistem kamera CCTV berjenis IP Camera merupakan salah satu produk kamera video digital dan umumnya digunakan untuk sistem pemantauan keamanan serta bisa menerima dan mengirim data lewat jaringan computer yang terhubung internet.

Macam-Macam Jenis IP Camera

Kamera CCTV jenis IP camera ini, terdiri atas 2 jenis diantaranya :

  • IP Camera Desentralisasi

IP camera jenis ini tak membutuhkan pusat NVR, sebab kamera sudah berfungsi sebagai perekam built in, jadi bisa merekam ke media penyimpanan secara langsung, seperti NAS, SD Card, server atau computer.

  • IP Camera Terpusat

IP camera jenis ini membutuhkan pusat NVR untuk melakukan perekaman video maupun untuk manajemen alarm.

Keunggulan IP Camera

  1. IP Camera terbaru bisa menangkap objek tertentu yang bergerak tepat didepan mereka serta langsung mengirimkan pemberitahuan atau notifikasi langsung pada email Anda. Selain itu, ia juga bisa diatur untuk penangkapan video. Saat pencuri menyadari bahwa dirinya tertangkap kamera, tentu sudah terlambat sebab gambar sudah langsung dikirimkan via email, jadi tak ada gunanya.
  2. IP Camera tak membutuhkan banyak biaya. Kamera CCTV berukuran kecil tersebut bisa terhubung lewat nirkabel menuju router Wifi dan menawarkan sistem perlindungan untuk mencegah sekaligus sebagai barang bukti saat terjadi tindak kriminal. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menginstalnya, menghubungkan lalu kamera ini pun langsung bekerja.
  3. Keunggulan lainnya, IP camera bisa remote login secara langsung pada kamera lewat internet secara live memakai aplikasi yang telah disediakan oleh produsen. Anda dapat meletakkannya di bekalang rumah, pintu depan, maupun di dalam rumah ketika bekerja atau berlibur.

Kamera CCTV Konvensional Vs IP Camera

Seperti kita ketahui, terdapat 2 macam CCTV yang populer di masyarakat, diantaranya IP Camera dan CCTV Camera. CCTV camera analog dapat dibuka dalam jarak jauh atau secara remote dengan cara menghubungkan DVR dan kamera. Sementara IP camera sudah memiliki manfaat jaringan dengan tanpa memerlukan alat tambahan.

Sistem CCTV camera analog dan IP Camera umumnya menyediakan manfaat akses melalui smartphone dan PC, serta akses dalam jarak jauh. Akan tetapi, umumnya IP camera memiliki manfaat lebih komplit jika dibandingkan dengan sistem CCTV analog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *