Kunci Keberhasilan Sebuah Bisnis

Acapkali kita terkagum-kagum pada sebuah perusahaan yang tumbuh pesat dan berkembang besar, padahal pada awalnya ia hanyalah usaha kecil saja. Apa yang menyebabkan ada suatu usaha yang baru didirikan bisa berkembang lebih baik dibanding usaha lain? Tentu ada “rahasia” atau resep keberhasilan mereka.

kunci keberhasilan bisnis

Di sekitar tahun 1985, Rosabeth Kanter, seorang peneliti kewirausahaan, dalam bukunya “Change Masters: Innovation and Entrepreneurship in the American Corporation”, menulis formula 4F yang diyakini sebagai resep keberhasilan sebuah usaha baru. Formula itu dikembangkan oleh William D. Bygrave, dalam artikel “The Entrepreneurial Process”, yang dimuat di “The Portable MBA in Entrepreneurship” menjadi 9F sebagai berikut:

Founders (entrepreneur). Seorang entrepreneur adalah faktor terutama dan terpenting bagi perkembangan usaha. Di balik setiap perusahaan yang berhasil selalu ada seorang entrepreneur yang hebat. Mereka mempunyai sifat-sifat luar biasa, salah satunya mempunyai visi dan tekad yang kuat.

Focused (fokus). Faktor kunci berikut yang menentukan keberhasilan sebuah usaha adalah pasar. Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang memfokuskan diri pada ceruk pasar yang spesifik, jelas dan terspesialisasi.

Fast (gesit). Perusahaan yang sukses mampu membuat keputusan secara cepat, dan bertindak untuk mewujudkan keputusan itu dengan gesit.

Flexible (fleksibel). Mereka selalu membuka pikiran terhadap berbagai ide baru serta mampu menanggapi perubahan. Sifat fleksibel ini lahir dari kemampuan untuk bertindak secara gesit. Bandingkan dengan perusahaan besar yang seringkali lambat dalam menghadapi perubahan, perusahaan kecil justru lebih luwes dalam berubah.

Forever-innovating (selalu berinovasi). Mereka tak kenal lelah melakukan inovasi. Mereka selalu berusaha menggali kreativitas, menemukan cara berpikir, metode, produk dan layanan-layanan baru, terutama demi memuaskan pelanggan. Tahukah anda bahwa justru perusahaan-perusahaan kecil-lah yang menemukan banyak inovasi yang kemudian dibeli dan dikembangkan oleh perusahaan besar.

Flat (sederhana). Entrepreneur yang sukses membangun organisasi perusahaannya dengan sederhana. Mereka tidak merepotkan perusahaan dengan birokrasi dan prosedur yang berbelit-belit. Team manajemen mereka flat. Karyawan dapat menghubungi pimpinan perusahaan secara mudah. Dengan demikian tukar menukar ide dapat mengalir lebih deras.

Frugal (hemat). Perusahaan besar yang sekarang tampak bergelimang arus kas selalu dimulai dari perusahaan kecil yang hidup dengan hemat dan cermat. Perusahaan yang sukses pandai menjaga agar biaya operasi mereka tetap rendah, tanpa menurunkan produktivitas mereka.

Friendly (bersahabat). Perusahaan yang sukses tidak bisa berjalan sendiri. Keberhasilan mereka pasti didukung oleh pelanggan, pemasok dan karyawan. Untuk mendapatkan dukungan yang baik tersebut, pastilah mereka mempunyai sifat yang bersahabat, pandai bergaul dan suka berteman. Perusahaan yang angkuh hanya akan melahirkan musuh-musuh bagi diri mereka sendiri.

Fun (menyenangkan). Entrepreneur adalah orang yang mencintai apa yang mereka kerjaka. Mereka pun menjalankan usahanya dengan penuh kecintaan dan rasa senang. Hal ini pulalah yang menjadi resep keberhasilan suatu perusahaan; yaitu dijalankan dengan penuh kegembiraan.

Kini bersiapkah anda membuka usaha dan menjadi sukses?