Entrepreneur Mindset

Entrepreneur adalah orang dengan semangat kewirausahaan, yaitu menemukan peluang, menciptakan usaha, berani mengambil resiko dan pernuh tekad untuk mewujudkan tujuannya.

entrepreneur mindset

Mengingat peran dan sepak terjangnya yang mengesankan, banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui apa-apa yang menjadi karakter seorang entrepreneur sukses. Daftar ini bisa sangat panjang dan seolah tiada habisnya ditambahkan. Berikut 6 karakter yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur sebagaimana yang dikutip dari berbagai pendapat mengenai entrepreneurship.

1. Percaya diri.

Menjadi seorang entrepreneur bukan pekerjaan ringan. Entreprenenur selalu menghadapi tantangan dan masalah. Namun entrepreneur tidak mudah menyerah. Mereka selalu bersikap penuh percaya diri dan berusaha sekuat tenaga serta teguh dalam mengatasi setiap masalah. Kepercayaan diri tidak datang begitu saja. Ia berasal dari kepribadian yang matang, terlatih serta sehat.

2. Fokus pada tujuan/hasil.

Entrepreneur selalu fokus pada tujuan-tujuannya. Ia berorientasi pada pencapaian hasil. Haus akan prestasi. Entrepreneur mempunyai jiwa yang teguh, penuh tekad dan tekun dalam bekerja keras, selalu memiliki energi tinggi dan motivasi dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Ada kalanya bisnis tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan, namun kegagalan tidak melemahkan jiwa seorang entrepreneur. Ulet, tabah dan gigih adalah kunci seorang entrepreneur untuk bangkit dan terus mengejar impiannya.

3. Berani mengambil resiko.

Dunia wirausaha penuh dengan resiko dan ketidakpastian. Tidak ada yang bisa menjamin seorang entrepreneur akan memperoleh penghasilan tetap setiap bulannya. Malah selalu ada resiko kegagalan yang membayangi usaha. Seorang entrepreneur berani mengambil resiko karena tahu di balik tantangan dan kesulitan selalu terdapat keberhasilan dan kemuliaan. Namun entrepreneur bukanlah seorang penjudi. Keberanian mengambil resiko harus dibarengi dengan perhitungan yang cermat serta pertimbangan yang masak.

4. Berjiwa pemimpin.

Inilah tugas utama seorang entrepreneur: memimpin. Meski sebuah usaha mungkin dimulai dan dikerjakan sendiri, namun tujuan-tujuan tidak bisa dicapai sendirian. Entrepreneur tahu bahwa tujuan hanya dapat dicapai dengan bekerja sama dengan orang-orang lain, seperti bawahan, rekanan, pemasok dan pelanggan. Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi dan menciptakan cara agar semua orang dapat memberikan kontribusi terbaik demi tercapainya tujuan-tujuan usaha Anda.

5. Kreatif dan inovatif.

Hal yang mengagumkan dari para entrepreneur sukses adalah kreativitas mereka. Bill Gates, Steve Jobs, Richard Branson, Ir Ciputra, Bob Sadino adalah orang-orang yang tak pernah berhenti beraktivitas, menemukan hal-hal dan cara-cara baru yang mempengaruhi kehidupan orang banyak. Mereka bukan sekedar berpikir melainkan juga bertindak untuk membuat kreativitas dan inovasinya menjadi ada.

6. Visioner.

Sebuah usaha tidak didirikan untuk sementara waktu, tetapi untuk berkesinambungan. Entrepreneur mempunyai visi jauh ke depan. Tahu apa yang ingin diraihnya di masa depan dan selalu berusaha menuntun serta mengembangkan perusahaannya berjalan berdasarkan cita-cita. Karena masa depan adalah tujuannya, entrepreneur sejati menolak melakukan praktek-praktek bisnis kotor yang akan menjerumuskan perusahaannya ke dalam kehancuran. Sebaliknya, ia selalu menyusun langkah-langkah dan strategi agar perusahaannya dapat hidup selamanya.

Daftar karakteristik entrepreneur sukses ini dapat ditulis lebih panjang, mengingat begitu banyaknya kualitas yang dibutuhkan. Penelitian masih terus dilakukan untuk mengetahui dan menularkan apa-apa yang perlu dimiliki agar seorang entrepreneur mempunyai karakter sukses. Jika Anda mempunyai opini menarik, mengapa tidak membagikannya di sini?